Home / Advertorial / Advertoriall / Tanah Bumbu

Jumat, 7 Juni 2024 - 05:50 WIB

Ada Sekitar 16.383 Jiwa dan 30 Desa Terdampak Banjir Luapan Aliran Sungai di Tanbu

BATULICIN, Wartabanau.com  –Bebebrapa hari belakangan, sejumlah wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu dilanda banjir akibat intensitas curah hujan yang tinggi.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), saat ini total ada tujuh Kecamatan Terdampak Banjir dari empat luapan sungai yang berbeda.

Tujuh kecamatan tersebut adalah Kecamatan Satui, Karang Bintang, Sungai Loban, Kusan Hulu, Batulicin, Kuranji dan Kecamatan Kusan Tengah.

Ditujuh kecamatan ini, di aliri oleh empat aliran sungai berbeda, untuk Kecamatan Karang Bintang, dan Batulicin itu dialiri oleh Daerah Aliran Sungai (DAS) Batulicin.

Kecamatan Kuranji, dan Kusan Tengah, Kusan Hulu, dialiri oleh DAS Kusan. Kecamatan Sungai Loban dialiri oleh DAS Sebamban, dan Kecamatan Satui dialiri oleh DAS Satui.

Karena beberapa hari ini Tanah Bumbu terus didera hujan yang cukup tinggi, menyebabkan empat DAS ini meluap hingga kepemukiman warga, hingga saat ini total ada 30 desa terdampak dari kecamatan diatas berdasarkan data BPBD per Jum’at (7/6/2024).

Di Kecamatan Sungai Loban ada enak desa terdampak diantaranya, Desa Sungai Loban, Sebamban Lama, Sebamban Baru, Sungai Dua Laut, Sari Mulya dan Damar Indah, dengan total terdampak 656 KK, dan 2224 jiwa terdampak tanpa ada pengungsi.

Kecamatan Karang Bintang satu desa yakni Sela Selilau dengan 46KK dan 148 jiwa tanpa ada pengungsi. Kecamatan Kusan Hulu, dengan 7 desa terdampak, diantar Binawara, Pacakan, Manuntung, Bakarangan, Sungai Rukam, Lasung dan Anjir Baru, dengan total KK terdampak 249, dan 722 jiwa tanpa ada pengungsi.

Baca Juga  Keluarga Besar Dinas PMD Tanbu Gelar Family Gathering sekaligus Bersih Sampah Pantai Angsana

Kecamatan Kuranji dengan satu desa yakni Desa Ringkit, 40 KK terdampak dengan jiwa masih 0 berdasarkan data tersebut. Kemudian Kecamatan Kusan Tengah dengan lima Desa terdampak yakni Desa Selimutan, Karya Bakti, Satiung, Pulau Tanjung, Mekar Jaya, dengan total KK terdampak 851 dengan jiwa 3342 tanpa ada pengungsi.

Kemudian Kecamatan Batulicin dengan 42 KK, dan 174 jiwa terdampak. Trakhir Kecamatan Satui, kecamatan ini menjadi yang terparah diantara kecamatan lainnya hingga menyebabkan ratusan warganya harus mengungsi.

Di kecamatan yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Tanah Laut ini, DAS Satui, merendam sembilan desa pertama Barakat Mufakat, Sinar Bulan, Sejatera Mulia, Beruntung Jaya, Sungai Danau, Desa Persiapan Sungai Danau Raya, Satui Timur, Makmur Mulia, dan Desa Satui Barat. Total 2993 KK terdampak, 9973 jiwa terdampak dengan 55 KK dan 167 jiwa pengungsi.

Total atas kejadian banjir ini, berdampak pada 4877 KK, 16.383 jiwa dengan pengungsi 55 KK dan 167 jiwan.

Ini merupakan data sementara yang dikeluarkan oleh BPBD Kabupaten Tanah Bumbu, pada tanggal 7 Juni 2024.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H Ambo Sakka juga sudah turun meninjau lokasi banjir dan Pemerintah Daerah sudah mengirimkan bantuan hingga dapur umum.

Share :

Baca Juga

Advertorial

Satgas TMMD Kodim 1022/Tanah Bumbu Kebut Penyelesaian Jalan hingga Larut Malam

Advertorial

Kapolsek Satui Bagikan Nasi Bungkus Gratis

Advertoriall

7 Srikandi Jadi Sejarah Baru di DPRD Tanah Bumbu

Advertorial

Pembinaan FKDM Di Batulicin, Kejari Tanbu Paparkan Restorative Justice

Advertoriall

Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan, Tanbu Lalukan Penandatangan Dengan BPPSDM KKP Surabaya

Advertoriall

PT BIB Peringati Hari Peduli Sampah Nasional Dengan Bersih Lingkungan dan Seminar Kelola Sampah

Serba-Serbi

DLH Tanbu Bina Sekolah Adiwiyata

Advertoriall

Bupati Zairullah Azhar Buka Musrenbang RKPD Tahun 2025 di Kecamatan Simpang Empat