Home / Advertoriall / Tanah Bumbu

Rabu, 2 Agustus 2023 - 07:12 WIB

Alumni BLK Tanbu Berinovasi

BATULICIN, Wartabanua.com – Lumbung Talenta jadi tempat bagi alumni Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) untuk berinovasi.

Demikian kata Kepala BLK Tanbu Riza Akhyari, saat membuka pelatihan berbasis kompetensi di Kantor Bupati, Rabu (2/8/2023).

Riza mengatakan saat ini BLK Tanbu merancang sebuah model yaitu Tanah Bumbu Teknopark. Ini merupakan workshop sebagai persiapan wadah bagi alumni pelatihan yang masih perlu mengasah keterampilannya.

Konsep Tekhnopark Ini dibuat lagi ke program baru yaitu Lumbung Talenta yang berguna menampung semua alumni. Baik yang sudah kerja maupun belum bekerja, demi mengasah keterampilan tersebut.

Dalam wadah itu, sesama alumni saling memberikan pengalaman yang sudah di dapat dari tempat mereka bekerja.

“Saat masuk di workshop ini sifatnya langsung kepada pelayanan bisnis. Sehingga alumni bukan hanya mengasah kemampuan, namun sudah bekerja dengan pendekatan entrepreneurship.

Menurutnya, dasar konsep ini di buat berdasarkan harapan pemerintah daerah melalui BLK. Sehingga hadirnya lumbung talenta, lebih meningkatkan kompetensi alumni dengan tujuan mengisi pasar dunia kerja yang di butuhkan perusahaan.

Baca Juga  Bupati Bersama Kapolres Tanbu Tinjau Launching Vaksinasi Siswa Umur 6 Hingga 11 Tahun.

“Lumbung Talenta hanya daerah kita yang memulai. Ini akan di rancang lebih terprogram, demi meningkatkan kompetensi alumni BLK.
Di harapkan ini jadi percontohan bagi daerah lain,” ucapnya.

Riza menambahkan, saat ini BLK sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan. Sehingga setelah mereka selesai melalui uji kompetensi dengan pola magang, akhirnya BLK merekomendasikan peserta untuk magang ke perusahaan sasaran.

“Sebenarnya pola magang ini adalah pola rekrutmen uji coba. Kalau mereka di sana memiliki kemampuan dan kompetensi dan cocok dengan perusahaan itu maka mereka layak di perusahaan tersebut,” imbuhnya.

Namun apabila perusahaan belum menerima, BLK punya mekanisme internal, justru dengan menggunakan workshop tekhnopark itulah jadi solusinya,” tutupnya.

Share :

Baca Juga

Advertoriall

Peserta Duta Wisata Mulai Masuk Karantina, Grand Final Digelar 2 September

Advertoriall

Sukses Amankan Jalannya Pemilu 2024, ini Profil AKBP Arief Prasetya sosok Kapolres Tanbu yang sederhana

Advertoriall

Sambut Malam Takbiran, Jajaran Polsek Angsana Laksanakan Patroli Skala Besar

Tanah Bumbu

Panen Penangkaran Padi Inpari IR Nutri Zinc, Bagus Tangani Stunting

Advertoriall

Hernadi Sebut Bila Tak Ada Hujan Pembersihan Longsoran Jalan Mantewe, Hari Ini Selesai

Advertoriall

Bupati Tanbu Minta Kepala Sekolah Harus Berinovasi Tingkatkan Kualitas SDM

Advertoriall

Dukung Program Bupati, SDN 1 Manurung Mulai Sosialisasikan SDSM ke Orang Tua Murid

Advertoriall

Penguatan Penyangga IKN, Bupati Tanah Bumbu Kunjungi Kabupaten PPU