Home / Advertoriall / Tanah Bumbu

Minggu, 12 November 2023 - 14:47 WIB

BPBD TANBU KELUARKAN PERINGATAN DINI BANJIR PESISIR

BATULICIN, Wartabanua.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (tanbu) mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi banjir pesisir atau rob pada 12 hingga 19 November 2023.

Memperhatikan dari prakiraan BMKG Kalimantan Selatan, potensi banjir rob akan terjadi selama satu minggu akibat adanya fenomena fase bulan baru atau Super New Moon.

Kepala pelaksana (kalaksa) BPBD H Sulhadi mengatakan, fenomena tersebut berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di wilayah pesisir Kalimantan Selatan serta berdampak terhadap aktivitas masyarakat. Minggu (12/11/23)

“Hal ini berdampak pada terganggunya aktivitas keseharian masyarakat, transportasi di pelabuhan dan pesisir. Seperti kegiatan bongkar muat dipelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir serta perikanan di darat,”ucapnya.

Baca Juga  Pemkab Tanbu Apresiasi Peran PT Borneo Indobara dan CK Kurangi Pengangguran

Pasang air laut maksimum berpotensi di Kotabaru yang berdampak pada perairan Kabupaten Tanah Bumbu pada pukul 17.00-22.00 wita dengan ketinggian gelombang maksimum mencapai 3 meter.

Untuk mengantisipasi potensi terjadinya bencana, maka BPBD mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dini terutama di saat melakukan aktivitas di luar rumah.

“Bagi masyarakat yang berada di sekitar pesisir agar terus waspada, kemungkinan akan terjadi gelombang tinggi dan naiknya air pasang laut serta dihimbau kepada para nelayan menunda sementara aktivitas melaut apabila kondisi cuaca membahayakan bagi keselamatan,” tegas kalaksa.

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

SK CPNS 2020 Diserahkan Bupati

Advertoriall

Tanbu Terima Penghargaan Kinerja Pengelolaan DAK Fisik 2023 Terbaik Tiga Kalsel

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu gelar sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan

Advertoriall

Zarullah Akan Resmikan Masjid Ziyadatul Abrar 26 November Nanti

Tanah Bumbu

Hadiri Sidang Paripurna DPRD Sekda Tanbu Sampaikan 2 Buah Raperda

Advertoriall

Opening Ceremony Pesona Mappanre Ri Tasi’e 2024 diawali penampilan Ikke Nurjanah

Advertoriall

Tanbu Kirim 15 Orang Untuk Pelatihan Kerja ke Provinsi Kalsel

Advertoriall

BPBD Tanbu Serahkan Bantuan ke Anak Penderita Stunting