Home / Tanah Bumbu

Rabu, 9 Maret 2022 - 12:56 WIB

DKUMP2 Tanah Bumbu Bakal Miliki Instalasi Tangki Ukur Mobil

BATULICIN,wartabanua.com – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu ( Tanbu), H Deny Hariyanto, sebut Kabupaten ini bakal miliki Instalasi Tangki Ukur Mobil (TUM).

Pernyataan itu dilontarkannya usai berkoordinasi dengan tingkat Pemerintah Pusat. Dia mengatakan instalasi Tangki Ukur Mobil (TUM) akan dibangun di Tanah Bumbu.

Pohaknya telah koordinasi ke Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetroligian (PPSDK) di Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat terkait peningkatan SDM petugas penera.

“Kita akan siapkan dulu SDMnya,” sebut H Deny, Rabu (9/3/2022).

Koordinasi ke PPSDK tersebut, sambung H Deny, untuk mendaftarkan petugas Dinas KUMP2 urusan Kemetrologian dalam beberapa pelatihan yang menunjang kinerja petugas dalam pelaksanaan tugas kemetrologian seperti pelatihan Petugas Penera TUM, Petugas Pengawas Tera TUM, Petugas Pengawas BDKT Frozen, dan Petugas Pengawas Mass LPG agar mendapatkan prioritas dalam penjaringan pelatihan oleh PPSDK.

Diharapkan, dengan adanya petugas yang sesuai sertifikasi keahlian tersebut, Dinas KUMP2 mendapat dana pembangunan Instalasi TUM dari APBD Perubahan tahun 2022, sehingga pelaksanaan Tera TUM sudah bisa dilaksanakan sendiri di tahun 2023.

Baca Juga  Tanbu Ikuti Rakoor Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020

Keberadaan Instalasi TUM tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan PAD yang signifikan dari sumber Kemetrologian.

“Dengan meningkatkan pelayanan pada para pengusaha pengguna UTTP maka PAD Kabupaten Tanah Bumbu melalui Retribusi Kemetroligian juga akan meningkat,” pungkasnya.

Selain kunjungan kerja ke PPSDK, sebut H. Deny, pihaknya juga melakukan kunjungan ke Direktorat Metrologi di Bandung, Jawa Barat, dalam rangka pengambilan alat pengujian standart yang telah di kalibrasi untuk digunakan oleh Petugas Penera, berhak dalam melakukan Peneraan pada Alat UTTP yang digunakan oleh para pengusaha perdagangan di Tanah Bumbu.

Itu dalam hal bertransaksi dan juga menindaklanjuti peraturan pemerintah dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 08 tahun 1999, serta untuk melakukan Peneraan pada Peralatan Penguji UTTP yang ada di Laboratorium Kemetrologian pada UML Dinas KUMP2 sendiri.

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Segera Melaunching Produk Khas Pengalengan Ikan

Nasional

Tanbu Jadi Tuan Rumah Rapimnas LKSA dan Anak Yatim Piatu SeIndonesia

Advertoriall

Pemkab Tanbu Terima Dana Insentif Fiskal Sebesar Rp 18,6 Miliar Berhasil Tekan Angka Stunting

Tanah Bumbu

Cetak Wirausaha Muda, Pemkab Tanah Bumbu Kirim Peserta Ikuti Pelatihan Keterampilan

Banjarmasin

Kadis Kominfo Buka Kegiatan Lomba Menyanyi Lagu Daerah dan Relegi

Advertorial

Sosialisasikan Uji Coba Pemakaian Briket Batubara, Sekda Tanbu Sampaikan Apresiasi

Tanah Bumbu

Rakor Persiapan HATINYA PKK Tahun 2020

Advertoriall

Tim Penilai Gelar Meeting and Matching Penilaian Lomba Desa Patriot