Home / Advertoriall / Tanah Bumbu

Selasa, 28 November 2023 - 04:41 WIB

FKP Sektor Pelayanan Urusan Perencanaan Pembangunan digelar

BATULICIN, Wartabanau.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) sektor pelayanan urusan perencanaan pembangunan, penelitian, dan pengembangan.

FKP di selenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitang) Tanbu berlangsung di Gedung PKK Tanbu, Selasa (28/11/23).

Kepala Bappedalitbang Tanbu, Andi Anwar Sadat melalui Ketua Panitia Penyelenggara, Eva Mayasari mengatakan FKP sektor pelayanan ini penting di laksanakan.

Karena ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Selain itu Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Lingkungan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

“Setiap perangkat daerah wajib menyelenggarakan FKP dalam rangka penyelenggaraan urusan pembangunan masing masing perangkat daerah,” terang Eva.

Sementara itu, Bupati Tanbu Zairullah Azhar melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eka Saprudin menyambut baik FKP tersebut.

Hal ini di maksudkan agar setiap entitas penyelenggara pembangunan atau stakeholder yang berkepentingan dalam urusan pembangunan daerah bisa berkolaborasi dan berpartisipasi dalam memberikan layanan terbaik dan berorientasi pada hasil kepada masyarakat atau pihak yang berhak menerima layanan.

Baca Juga  Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

Selain itu, berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2012 mengamanatkan penyelenggara wajib mengikutsertakan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik sebagai upaya membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan, dan akuntabel.

Sehingga, dari forum konsultasi pelayanan publik inilah wadah awal yang baik dalam menentukan kebijakan dalam mengembangkan organisasi dan meningkatkan akuntabilitas organisasi.

“Apalagi di Tanbu sekarang sudah ada layanan E-Lapor. Masyarakat bisa dengan mudah melakukan pengaduan dan aspirasi melalui layanan tersebut,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ia berharap FKP dapat di manfaatkan sebaik-baiknya untuk merancang pelayanan publik yang lebih baik lagi di tahun-tahun yang akan datang.

“Saya mengucapkan selamat melaksanakan forum konsultasi publik. semoga membawa manfaat dan kebaikan untuk kabupaten Tanah Bumbu yang kita banggakan ini,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Advertoriall

Dua Desa ini Bakal Nikmati Listrik Normal

Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Bangga Inovasi BPS Dalam SP 2020

Advertorial

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 di Tanah Bumbu: Dorongan untuk Kesejahteraan Keluarga dan Pembangunan Daerah

Advertoriall

Puskesmas Batulicin 1 Lakukan Re-Akreditasi Untuk Tingkatkan Mutu Layanan Kesehatan

Advertoriall

Pemkab Tanbu Rakoor Persiapan Pelaksanaan Pesta Pantai Mappanre Ri Tasie Pagatan

Tanah Bumbu

Antusias Masyarakat Sambut Bupati Tanah Bumbu Pada Safari Ramadhan

Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif.

Advertoriall

Disdik Kolaborasi dengan Kejari Tanbu Gelar Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan dan Parenting