Home / Advertoriall / Tanah Bumbu

Jumat, 12 Januari 2024 - 05:17 WIB

KPU Tanah Bumbu Sebut Pemilih Pemula bisa Mencoblos di TPS

BATULICIN, Wartabanua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berharap Disdukcapil bisa menerbitkan e-KTP fisik untuk pemilih pemula yang genap berusia 17 tahun pada hari pencoblosan di Pemilihan Umum (Pemilu) Pemilihan Presiden (Pilpres) tanggal 14 Pebruari mendatang. Jika sudah mendapatkan e-KTP fisik, KPU Tanah Bumbu mempersilahkan pemilih pemula itu untuk membawa e-KTP fisik ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Tanah Bumbu, Puryadi , Jum’at (12/1) sore diruang kerjanya.

“Untuk pemilih pemula yang sudah melakukan perekaman akan tetapi e-KTP fisik belum terbit, diharapkan menunggu terbitnya e-KTP fisik agar bisa memilih ke TPS yang dimana alamat pemilik tertera saat Pemilu” kata Puryadi.

Ditanya terkait data pemilih pemula yang lumayan banyak di Kabupaten Tanah Bumbu belum melakukan perekaman e-KTP di Disdukcapil Tanbu, pihaknya mengaku bakal selalu akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait. “Nanti setelah mendekati 15 hari sebelum pencoblosan Pilpres, bakal mendatangi Disdukcapil Tanbu untuk menanyakan sampai dimana progres pembuatan e-KTP bagi pemilih pemula tersebut” katanya.

Ditempat terpisah, Kepala Disdukcapil Tanbu, Gento Hariyadi saat ditemui Pikiran Rakyat Media Network, dia menyebut dalam mensukseskan Pilpres pihaknya mendapat tugas dari pusat untuk melakukan perekaman pemilih pemula. “Kalo untuk urgensi tinggi saat ini, Disdukcapil Tanbu saat ini melakukan penuntasan perekaman e-KTP pemilih pemula dalam rangka suksesi Pilpres di 14 Pebruari mendatang”katanya.

Baca Juga  Pemkab Tanbu Peringati Harkitnas ke-116 dan Peringatan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke-75

Dia juga menyebut jumlah pemilih pemula dan dewasa di Kabupaten Tanah Bumbu yang belum melakukan perekaman administrasi kependudukan (Adminduk) keseluruhannya berjumlah 3.700 jiwa.

“Kami mendapat data dari system SIAK yang dikirim oleh Kemendagri melalui Dirjen Adminduk, maka terdapat Disdukcapil Tanbu bahwa keluar disitu tugas yang harus dituntaskan berjumlah 3.700 jiwa pemilih pemula dan orang dewasa,” kata Gento Dijelaskan, data tersebut diselesaikan selama satu tahun, dimulai dari Pilpres Pebruari hingga Pilkada bulan September mendatang, keseluruhan pemilih pemula dan dewasa harus sudah selesai dilakukan perekaman e-KTP di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Dia mengaku, bahwa walaupun saat ini cakupan perekaman e-KTP di Didsdukcapil Tanbu sudah mencapai 99,06 % yang sudah terukur dan dilaporkan ke provinsi hingga mendapat peringkat terbaik 1 di Kalsel dengan cakupan penyelesaian tertinggi. “Cakupan perekaman e-KTP Disdukcapil Tanbu mencapai 99,06 % hingga mendapat peringkat terbaik 1 se Kalsel, rupanya sisanya 1 % persen itu jumlah juga cukup banyak yaitu mencapai 3.700 jiwa,” jelasnya

Langkah yang sudah dilakukan pihak Disdukcapil untuk melakukan perekaman e-KTP pemilih pemula ini yaitu dengan melakukan tracking melalui data base by name by address kemudian berkirim surat ke Kecamatan hingga kedesa. “Surat sudah kita kirim ke kecamatan kemudian dilanjutkan kedesa untuk membantu pengerahan bagi warga yang masih belum melakukan perekaman e-KTP,” katanya

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Azhar Gelar Open House di Kediamannya, Masyarakat Berbondong Silaturrahmi

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Verifikasi Data Penerima Bansos

Advertoriall

Tanggapi Tiga Raperda, Semua Fraksi di DPRD Tanbu Sampaikan Pandangan Umumnya

Advertoriall

Tim Imigrasi Batulicin, Lakukan Pemeriksaan Awak Alat Angkut MV Golden Trader Bendara Hongkong

Advertoriall

Opening Ceremony Pesona Mappanre Ri Tasi’e 2024 diawali penampilan Ikke Nurjanah

Tanah Bumbu

Jalan Sehat Batfest 2023, Doorprize Utama 150 Paket Umroh

Advertoriall

Datang ke Tanbu, Liburan Menarik dan Murah Ada Disini Loh!

Advertoriall

Alumni BLK Tanbu Berinovasi