Home / Tanah Bumbu

Minggu, 16 Januari 2022 - 08:25 WIB

Menunggu Persetujuan Provinsi Tanah Bumbu Bakal Tambah 3 Kecamatan.

BATULICIN,wartabanua.com – Kabupaten Tanahbumbu Provinsi Kalimantan Selatan saat ini terdiri dari 12 kecamatan, namun luasan wilayah masih dianggap luas sehingga perlu dimekarkan lagi.

Langkah itu, kembali diambil Pemerintah Daerah untuk memaksimalkan pelayanam yang ada.

Dua belas kecamatan yang ada yaitu Kecamatan Simpangempat, Karang Bintang, Mantewe, Kusan Hulu, Batulicin, Teluk Kepayang, Kuranji, Kusan Hilir, Kusan Tengah, Sungai Loban, Angsana dan Satui.

Dari kecamatan itu, masih banyak yang dianggap perlu dimekarkan segera. Sebab, ada sejumlah kecamatan yang memiliki luas lahan dan jumlah desa yang banyak dan berdampak pada pelayanam.

Nah, Pemerintah Kabupaten Tanahbumbu pun berencana memekarkan 3 kecamatan lagi yaitu Kecamatan Kusan Hilir, Kecamatan Satui dan Karang Bintang.

Tiga kecamatan ini sedang berproses yang ditangani Bagian Pemerintahan Sekretariat Pemkab Tanahbumbu.

” Jadi tahun ini kita proses pemekaran 3 kecamatan itu yang akan dimekarkan, ” kata Kepala Bagian Pemerintahan Tanbu, Kadri Mandar kepada newskalsel.com Minggu (16/01/2022)

Untuk Kusan Hilir dan Kecamatan Satui, memenuhi untuk dimekarkan sesuai jumlah desa. Sedangkan kecamatan Karang Bintang digabung dengan Kecamatan Mantewe.

Baca Juga  Asisten III Sampaikan Raperda RTRW Tanah Bumbu

” Jadi ada penggabungan beberapa desa di kecamatan Karang Bintang dan beberapa desa di kecamatan Mentewe, ” terang Kadri.

Pemekaran itu, lanjutnya, saat ini sudah pada tahapan penyampaian permohonan pembentukan kecamatan baru dari Bupati Tanahbumbu ke Gubernur melalui biro pemerintahan setda provinsi.

” Sudah kita sampaikan ke Provinsi soal rencana pemekaran ini, kita menunggu hasilnya,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanbu, Samsir, menambahkan untuk kecamatan yang dimaksud memang dianggap sudah cukup untuk dimekarkan.

” Dengan adanya rencana pemekaran kecamatan tentu akan bernilai positif terhadap pelayanan dasar, peningkatan infrastruktur serta pemerataan pembangunan. Ini harapan kami, ” katanya.

Disebutkannya, kecamatan Kusan Hilir saat ini ada sebanyak 21 desa. Kecamatan Satui sebanyak 20 desa dan kecamatan Karang Bintang sebanyak 14 desa.

” Nah untuk pemekaran ini, memang untuk di Karang Bintang, Kecamatan Mantewe dan Kusan Hulu ada yang ditarik menjadi satu kecamatan nantinya. Semoga ini bisa berjalan lancar, ” Pungkasnya.

Continue Reading

Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Bupati Sambut Kunjungan Danrem 101 Antasari Ke Tanah Bumbu

Kriminal

Seorang Pemuda Mabok Lempox Lakukan Percobaan Perkosa Anak Dibawah Umur

Advertoriall

Sekda Tanbu Hadiri Rakoor Kelapa Sawit SeKalsel

Banjarmasin

Mentan RI Panen Pedet Nasional dan Kick Off Siskaku Intip di Tanah Bumbu

Kriminal

Jajaran Satresnarkoba Polres Tanbu Amankan AR Diduga Kuat Mengedarkan Narkotika Jenis Sabu

Advertorial

Kapolsek Satui Bagikan Nasi Bungkus Gratis

Advertoriall

Kapolres Tanbu Serahkan Cindera Mata ke Kapolda Kalsel

Advertoriall

Peringati Hari Kemerdekaan RI ke 78, SDN 1 Manurung Jalan Santai di Pematang Sawah