Home / Tanah Bumbu

Minggu, 1 Januari 2023 - 10:05 WIB

Panen Penangkaran Padi Inpari IR Nutri Zinc, Bagus Tangani Stunting

BATULICIN, Wartabanua.com – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu (DKPP Kab Tanbu), panen penangkaran benih padi varietas Inpari IR Nutri Zinc, bersama kelompok tani Suka Maju Desa Manurung Kecamatan Kusan Tengah.

Panen ini berdasarkan hasil kerjasama Pemerintah Kab. Tanbu dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Selatan (BPTP Kalsel).

Kegiatan panen dilakukan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Kalsel, Kepala DKPP Kab. Tanah Bumbu, Kepala Badan Pusat Statistik Tanah Bumbu, Camat Kusan Tengah, BPTP, Danramil Kusan Hilir (mewakili), Kepala BPP Kusan Hilir beserta tamu undangan.

Hasil panen dinilai sesuai harapan, melalui Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Kalsel Ir H Syamsir Rahman, menyampaikan bahwa ini adalah panen perdana di musim tanam ini, yangmana di daerah lain saat ini baru mulai musim tanam. Disamping itu, panen ini bisa menjadi contoh bagi petani lain.

Kadis TPH Prov Kalsel, juga terlibat memberikan memotivasi. Agar petani terus menanam untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tak hanya itu, Kadis TPH Prov Kalsel juga siap mendukung sarana dan prasarana pertanian di Kab.Tanbu.

Baca Juga  Fokus Kembangkan SDM, BLK dan RIK Sasar Lapas Batulicin

Kepala DKPP Kab Tanbu. H Hairuddin menyampaikan, kegiatan penangkaran padi verietas Inpari IR Nutri Zinc seluas 6 hektar, tanam perdana dilakukan pada tanggal 29 September 2022.

Inpati IR Nutri Zing adalah varietas padi sawah yang memiliki kandungan unsur zinc lebih tunggi kurang lebih 25 persen, dari pada varietas lainnya dan dinilai bagus untuk penanganan kasus stunting.

“Kami berharap varietas ini, terus berkembang di Tanah Bumbu, untuk mendukung pencegahan stunting dan peningkatan produksi padi, mengamankan stok beras di Kab. Tanbu maupun kesiapan ketahan pangan sebagai penyangga Ibu Kota Negara nantinya,” katanya pada Minggu (1/1/2023) saat dikonfirmasi.

Diharapkan benih padi, Inapri IR Nutri Zinc ini terus dikembangkan, untuk mendukung produksi padi di Kab. Tanbu dan pencegahan stunting karena Inpari IR Nutri Zinc ini memiliki unsur Zinc lebih tinggi.

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

BLK dan RIK Berpartner Genjot Industri Wisata Serambi Madinah

Advertorial

Meningkat Dua Kali Lipat, Kajari Cup II 2024 Capai 45 Peserta

Tanah Bumbu

Bupati serahkan SK CPNS Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Formasi 2021

Advertoriall

Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kabupaten Tanbu Selesai, Ini Hasilnya Suara DPR hingga DPRD

Advertoriall

Alumni BLK Tanbu Berinovasi

Tanah Bumbu

AKBP Tri Hambodo Jabat Kapolres Tanah Bumbu Akan Tetap Jaga Kondisi Kamtibmas.

Advertoriall

KPU Rilis DCT DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Ini Daftarnya

Advertorial

PPDB 2024 SMK Negeri 1 Tanah Bumbu: Antusiasme Tinggi, Siswa Siap Hadapi Tantangan Industri