Home / Tanah Bumbu

Jumat, 21 April 2023 - 21:40 WIB

Pawai Tanglong Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Banjiri Pengunjung

BATULICIN, Wartabanua.com  – Puluhan peserta pawai tanglung  warnai perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Minal Aidin Wal Faidzin Taqabbalallahu Minna Waminkum, Insya Allah besok pagi kita sudah akan melaksanakan Salat Idul Fitri,” kata Bupati Tanah Bumbu Zairuulah Azhar melalui Sekretarsi Daerah H. Ambo Sakka saat memberikan sambutan kepada peserta pawai tanglong di halaman depan Masjid Agung al-Falah, Jumat (21/04/2023) malam.

Ambo Sakka mengharapkan kepada para peserta saat melaksanakan pawai agar dapat tertib dari awal pelaksanaan hingga selesai acara, serta selalu mengutamakan keselamatan sendiri dan orang lain.

Pelaksanaan Festival Tanglong dimaksudkan sebagai sarana silaturahim sekaligus menyambut kegembiraan umat Islam setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa.

“Kita berdoa kepada Allah SWT, semoga kita semua termasuk menjadi golongan yang dijanjikan oleh Allah sebagaimana QS al-Baqarah ayat 183, La ‘allakum tattaqun,” ucap Ambo Sakka.

Sementara itu Kepala Bagian Kesra Sekretariat Kabupaten Tanah Bumbu Akhmad Rozain selaku panitia penyelenggara melaporkan, Festival Tanglong merupakan kegiatan rutin tahunan diadakan Pemerintah Kabupaten dalam rangka menyambut lebaran Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga  Kreatif, Kapolsek Angsana Bersama Forkopimca Keliling Desa Dengan Seni Barongan, Ajak Warga ke TPS

“Kegiatan juga dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas keimanan dan syiar Islam kita agar semakin bertambah,” beber Rozain.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi upaya dalam melestarikan tradisi terdahulu dan budaya Islam serta sebagai tanda perwujudan dalam kemajuan syiar Islam di Bumi Nusantara.

Adapun pelaksanaan Festival Tanglong dibagi menjadi dua kategori, yakni untuk SKPD dan Umum. Selain itu tempat pelaksanaan juga dibagi menjadi dua lokasi, yakni di Kecamatan Kusan Hilir dan Simpang Empat.

“Alhamdulillah berdasarkan catatan terakhir, jumlah peserta kategori SKPD yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 37, kemudian untuk Umum ada sebanyak 11,” ujarnya.

Selain itu ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada unsur terkait baik TNI-Polri dan pihak lainnya yang berpartisipasi dalam mengamankan dan menyukseskan Festival Tanglong di Bumi Bersujud.

“Mudah-mudahan acara ini berlangsung dengan baik nantinya,” pungkasnya.

Ratusan masyarakat memadati area sekitar masjid Agung al-Falah untuk melihat jalannya puluhan kendaraan hias bernuansa Islami tersebut.

Turut berhadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Tanbu, Forkopimda, Pimpinan SKPD, Camat, Komite Percepatan Pembangunan Daerah, alim ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Kajari Tanbu Geser ke Gresik Ucapan Terimakasih Pada Jajaran Forkofimada dan Awak Media

Advertoriall

Wakil Ketua DPRD Tanbu, Said Ismail dan Kadis PUPR Tinjau Drainase Penyebab Banjir

Tanah Bumbu

Warga Binaan Lapas Kelas III Batulicin Dilatih Pengolahan Eco Enzyme

Advertoriall

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Kukuhkan Forum Anak Desa

Serba-Serbi

Rapat Penyelesaian Pembebasan Lahan Siring Pantai Pagatan

Advertoriall

BPBD Tanbu Dukung Penuh Pelatihan Relawan

Advertoriall

Permudah Penyebarluasan Informasi Hukum Secara Online di Tanbu, Nani Luncurkan Inovasi SIHUBER

Advertoriall

Maksimalkan Fungsi Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu Batulicin, Aksi Penanaman Pohon Solusinya