Home / Advertoriall / Tanah Bumbu

Minggu, 24 September 2023 - 07:56 WIB

Pemkab Tanbu Komitmen Untuk Meningkatkan Pendidikan Anak Usia Dini

BATULICIN, Wartabanua.com – Kabupaten Tanah Bumbu semakin memperkuat komitmen untuk meningkatkan pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui serangkaian acara yang meriah dan bermakna.

Bertempat di Gedung Aula Yapisa, Desa Hidayah Makmur, acara Lomba Video Pembelajaran, Lomba Tari Kreasi 5P, dan Penyampaian Rencana Jambore dan Musyawarah Wilayah (Muswil) HIMPAUDI dihelat dengan antusiasme tinggi.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti, yang juga menjabat sebagai Bunda PAUD Kabupaten Tanah Bumbu, dalam sambutannya, menekankan betapa pentingnya memberikan pendidikan yang optimal kepada anak-anak usia dini.

“Seperti kita tahu, usia anak sejak lahir hingga enam tahun adalah periode emas, sehingga perlu memberikan rangsangan pendidikan yang optimal,” ujarnya.

Periode emas ini menjadi begitu penting karena otak anak-anak mengalami perkembangan pesat, mencapai hingga 80 persen. Oleh karena itu, orang tua dan guru PAUD harus memahami betapa krusialnya momen ini dalam pembentukan potensi anak-anak.

“Pendidikan di usia dini adalah panduan untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. PAUD yang baik adalah yang mampu memberikan wahana permainan dan belajar yang merangsang perkembangan anak sesuai dengan tingkatnya,” tambah Hj Wahyu Windarti.

Dalam konteks ini, beberapa ciri-ciri PAUD yang ideal menjadi penekanan utama. Menurut National Association for the Education of Young Children (NAEYC), ciri-ciri PAUD yang baik meliputi:

Baca Juga  Bupati Tanbu Resmikan Pura Puseh Desa Merta Buana

1. Bermain Aktif: Anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain, baik secara kreatif maupun bersama teman-teman mereka. Ini membantu perkembangan sosial dan kreativitas mereka.

2. Kreativitas Terpancar: Kelas PAUD sebaiknya dipenuhi dengan hasil karya anak-anak untuk menghiasi kelas, sehingga anak-anak merasa bangga dan termotivasi untuk berpartisipasi.

3. Kurikulum Fleksibel: Kurikulum diadaptasi untuk mengakomodasi anak-anak yang belajar dengan cepat dan mereka yang membutuhkan bantuan tambahan. Setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda, dan pendekatan yang sesuai sangat diperlukan.

4. Sarana dan Prasarana Berkualitas: Fasilitas yang baik akan menjadi penunjang pendidikan yang efektif untuk anak-anak di PAUD.

Selanjutnya Hj. Wahyu Windarti berharap bahwa ciri-ciri PAUD ideal ini akan menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi PAUD di Kabupaten Tanah Bumbu. Dia percaya bahwa para guru PAUD akan selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak-anak.

“Kegiatan hari ini bukan hanya acara seremonial semata, tetapi lebih dari itu, saya berharap dapat di aplikasikan kepada peserta didik kita semua,” tutupnya.

Share :

Baca Juga

Advertoriall

Unitreskrim Polsek Mantewe Berhasil Tangkap Pelaku Pencurian Karet milik PT INNI JOA

Advertoriall

Kaji Tiru ke Kota Surabaya, Tim Satgas Saber Pungli Tanbu Akan Adopsi Sejumlah Cara Pencegahan

Advertoriall

Gandeng Pemkab Tanbu, PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin Gelar Pemilihan Duta HIV AIDS dan Nafza

Tanah Bumbu

Aksi Berjalan Damai Tiga Ormas Sampaikan Pernyataan Sikap Ke Mapolres Tanbu Terkait Pernyataan Edy Mulyadi

Banjarbaru

Tari Mesa Kanne awali puncak pesta pantai Mappanre Ri Tasi’e 2023

Advertoriall

Sehari Sebelum Pilkades Serentak, Logistik Didistribusikan ke 60 Desa, Warga Dihimbau Turun ke TPS

Nasional

Bupati Zairullah Azhar Hadiri Wisuda Santri Tahfiz Qur,an PT Arutmin Indonesia Site Batulicin.

Advertoriall

Posyantek Giri Mulya Kuranji, Raih Juara Satu Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Kalsel