Home / Tanah Bumbu

Selasa, 25 Agustus 2020 - 04:36 WIB

Satpol PP Gencar Sosialisasikan Perbup Nomor 28 Tahun 2020, Cegah Penularan Covid 19

BATULICIN – Dalam rangka memutus mata rantai penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Satpol PP dan Damkar melakukan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 28 Tahun 2020 tentang panduan tatanan baru masyarakat yang produktif dan aman Covid-19.

Selasa (25/08/2020) pagi, Satpol PP Kab. Tanbu kembali melaksanakan sosialisasi Perbup Nomor 28 Tahun 2020. Kali ini, sosialisasi digelar di wilayah Kecamatan Satui. Sebelumnya, sosialisasi yang sama juga digelar di Kecamatan Simpang Empat, Kusan Hilir, dan Kecamatan Sungai Loban.

Adapun yang menjadi sasaran sosialisasi di Kecamatan Satui ini yakni pedagang dan pengunjung pasar tradisional, pemilik warung kuliner, dan para pengguna jalan. Sosialisasi melibatkan Koramil, Polsek, Pemerintah Kecamatan, Dinas Kesehatan, dan Puskesmas.

Selain memberikan edukasi untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19, petugas juga membagikan masker gratis ke masyarakat.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Tanbu, Ir. H. Riduan, mengatakan sosialisasi Perbup Nomor 28 Tahun 2020 bertujuan untuk membiasakan masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Selama pemberlakukan pendisiplinan protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19, maka setiap penduduk di daerah wajib mematuhi keseluruhan ketentuan didalam pelaksanaan pendisiplinan protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Baca Juga  Selain serahkan SHM transmigrasi Tanah Bumbu, Cak Imin janji perjuangankan dana Rp5 Milyar per-Desa

Bagi setiap orang yang melanggar maka akan dikenakan sanksi administratif dan sanksi sosial. Sanksi administrasi seperti teguran lisan, peringatan tertulis, penghentian sementara kegiatan, pencabutan sementara izin, dan pencabutan izin tetap. Sedangkan sanksi sosial yaitu bersih-bersih lingkungan, menyapu jalanan, dan menanam satu jenis tanaman pelindung atau buah.

“Kepada seluruh masyarakat diminta untuk mentaati Perbup Nomor 28 Tahun 2020 tersebut. Awal September nanti, Tim akan melakukan penegakan Perbup dan memberlakukan sanksi sesuai amanat Perbup,” sebutnya.

Adapun maksud dan tujuan ditetapkannya Perbup Nomor 28 Tahun 2020 yaitu sebagai panduan pelaksanaan tatanan baru masyarakat yang produktif dan aman Covid-19, dan untuk menekan penularan Covid-19 serta untuk tetap menjaga daerah agar tidak terjadi peningkatan kasus. Perbup ini sendiri merupakan pedoman bagi pemerintah daerah, instansi vertikal, pelaku usaha, institusi pendidikan, dan seluruh unsur masyarakat yang ada di daerah dalam melaksanakan tatanan baru masyarakat yang produktif dan aman Covid-19. (Rel)

Share :

Baca Juga

Advertoriall

Bupati Turut Peringati Hari Ibu Bersama Istri, ASN Pemkab Tanbu

Advertorial

KPU Tanah Bumbu Habiskan Uang Rp1,7 Miliar untuk Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

Advertoriall

Disdukcapil Tanbu Targetkan Pemilih Pemula Merekam EKTP

Advertoriall

Kantor Imigrasi Batulicin, Telah Luncurkan Delapan Inovasi Layanan Publik

Advertoriall

Bantuan Bak Sampah, DLH Tanbu Bakal Sebar di Kawasan Arah Pelabuhan Batulicin

Serba-Serbi

Ringankan beban masyarakat, Camat dan Kepala Desa di Kusan Hulu gelar pasar murah

Advertoriall

Bupati Tanbu dr HM Zairulah Azhar Open House di Istana Anak Yatim Batulicin

Advertoriall

Permudah Izin Usaha, DPMPTSP Tanbu Gelar Bimtek Jempol Manis