Home / Tanah Bumbu

Rabu, 10 Mei 2023 - 17:21 WIB

Utamakan putra daerah, Pemkab Tanbu apresiasi langkah perusahaan cetak SDM berkualitas dan profesional

BATULICIN, Wartabanua.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyambut baik dan mengapresiasi dengan dilaksanakannya training Operator Preparation Program (OPP) dan Mechanic Preparation Program (MPP) oleh PT Saptaindra Sejati (SIS) Job Site BORO di Bumi Bersujud

Demikian disampaikan Bupati HM Zairullah Azhar dalam sambutan tertulisnya dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Mahriyadi Noor saat membuka program OPP dan MPP Tahun 2023 bertempat di Hotel Ebony, Batulicin, Rabu (10/5/2023).

Dikatakannya, kegiatan training OPP dan MPP merupakan bentuk dari pemberdayaan masyarakat lokal di Bumi Bersujud, serta pemenuhan tenaga kerja yang profesional sehingga dapat memenuhi standar yang diterapkan oleh perusahaan.

Selain itu, sambungnya kegiatan OPP dan MPP merupakan wujud kepedulian dan berbagi terhadap warga Tanah Bumbu yang sejalan dengan program pemerintah daerah yakni peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan produktif melalui development program PT SIS.

Program ini tentunya sejalan dan sinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu dalam meningkatkan penyerapan tenaga lokal yang memiliki kecakapan dan keterampilan yang profesional sehingga terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat diwilayah operasionalnya dan utamanya bagi masyarakat Tanah Bumbu.

“Atas nama pemerintah daerah, Kami sampaikan terimakasih kepada PT SIS Site BORO atas dukungan serta kerjasama dan sinergitasnya terhadap program pemerintah untuk mencetak SDM berkualitas serta pemenuhan tenaga kerja,” ucapnya.

Sementara itu, CO (Chief Operation) PT SIS Site BORO, Nur Baharudin menyampaikan training OPP dan MPP yang dilakukan oleh PT Saptaindra Sejati (SIS) merupakan program berkelanjutan yang dilakukan sejak tahun 2012 dan 2017 yang lalu.

Baca Juga  Sekda Tanbu Kunjungi Lokasi Pengungsian dan Dapur Umum

Meski sempat terhenti karena pandemi Covid-19, sebutnya, OPP dan MPP kembali dilaksanakan di tahun 2023 dengan peserta sebanyak 31 orang untuk mengisi operator dan mekanik.

Harapanya, untuk kebutuhan karyawan PT SIS lebih memberdayakan karyawan lokal Tanah Bumbu.

“Saat ini sudah hampir 70 persen dari karyawan lokal,” sebutnya.

Terkait daya saing putra daerah, menurutnya dengan adanya pelatihan ini diharapkan warga Tanah Bumbu semakin baik SDM-nya, dan tentunya kualitasnya lebih bagus dan loyal karena didik lebih awal dan dari dalam perusahaan sendiri.

Bahkan, di perusahaan ini jenjang karir OPP dan MPP juga berlaku bagi warga lokal sehingga mereka tidak selamanya menjadi operator maupun mekanik.

“Kalau potensinya ada di managerial maka bisa menjadi karyawan staff atau pengawas dengan program GLDP dan jenjang karier bisa terus naik,” sebutnya.

Adapun pelatihan OPP dan MPP ini juga bekerjasama dengan Brimob Polda Kalimantan Selatan, yang mana peserta akan mengikuti pendidikan BINTALSIK untuk melatih mental dan fisik serta kekompakan dan jiwa korsa mereka. Sedangkan pelatihan sendiri digelar selama 10 hari.

Hadir pada pembukaan training OPP dan MPP, Danki II Brimob Batulicin, AKP Taufik Ginanjar Saputra, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tanbu Avian Noor, Plt Kepala Dinas Perhubungan Tanbu Kadri Mandar, dan orang tua peserta pelatihan.

Share :

Baca Juga

Advertoriall

Unitreskrim Polsek Mantewe Berhasil Tangkap Pelaku Pencurian Karet milik PT INNI JOA

Tanah Bumbu

Perda Penyelenggaraan Jalan Khusus Disetujui

Advertoriall

Kirap Pemilu Tiba di Tanah Bumbu

Advertoriall

Pemkab Tanbu dan PTP Tandatangani Perjanjian Sumbangan Pihak Ketiga

Advertoriall

Kabar Baik, Usai ASN Dapat Gaji ke 13, Zairullah Azhar Juga Berikan ke Non ASN Pemkab Tanah Bumbu

Advertoriall

Opening Ceremony Pesona Mappanre Ri Tasi’e 2024 diawali penampilan Ikke Nurjanah

Kriminal

Kejari Tanbu Musnahkan Barang Bukti Yang Sudah Inkrah, Kasus Narkotika Masih Mendominasi

Advertoriall

ASN Kantor Imigrasi Batulicin Tandatangani Komitmen Zona Integritas dan Netralitas Pemilu