Home / Advertoriall / Tanah Bumbu

Kamis, 21 September 2023 - 09:35 WIB

Polemik Batas Desa Kelurahan, Samsir Pastikan 161 Desa Kelurahan di Tanbu Selesai Diakhir 2023

BATULICIN, Wartabanua.com – Sebanyak 161 desa Kelurahan di Kabupaten Tanah Bumbu, bakal ada penegasan batas desa yang belakangan terus diperdebatkan.

Pasalnya, di tahun 2023, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanah Bumbu(Tanbu) targetkan penegasan batas desa yang akan disahkan oleh Badan Informasi Geosfesial (BIG) Bogor.

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar diakhir kepemimpinan di tahun 2024, menargetkan penetapan dan penegasan batas desa sudah selesai disahkan oleh Badan Informasi Geosfesial (BIG)di Bogor.

Hal ini sangat penting untuk segera diselesaikan karena desa adalah wilayah dan mempunyai kewenangan yang jelas sehingga ini menjadi target prioritas dalam kepemimpinan Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar dan meminta dinas PMD untuk menyelesaikan di tahun ini.

Kepala Dinas PMD setempat, Samsir, Rabu (22/9/2023) ketika dikonfirmasi melalui telpon selulernya mengatakan bahwa memang benar sesuai arahan dan dukungan Bupati Tanah bumbu dr HM Zairullah Azhar, agar dapat diselesaikan di tahun ini juga.

Untuk diketahui, jumlah desa di kabupaten tanah Bumbu sudah memiliki SK Bupati Tanah Bumbu, namun ketika ada regulasi permendagri nomor 45 tahun 2016 tentang pedoman penetapan dan penegasan batas desa, harus ada tambahan pengesahan dari BIG.

Baca Juga  Wakil Bupati Muh Rusli Salat Id di Mushola Al Madani Pelita 5

” Regulasi ini mewajibkan desa mendapatkan pengesahan dari BIG, tujuannya untuk melakukan penetapan dan penegasan batas desa untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu desa yang memenuhi aspek tekhnis dan yuridis,” katanya kepada Wartabanua.com .

Penetapan dan penegasan batas desa ini juga menjadi acuan dalam penataan desa dan evaluasi Perkembangan desa dan kelurahan.

Samsir optimis menyelesaikan penetapan penegasan batas desa itu, sesuai target.

” Kami yakin bisa menyelesaikan ini dengan bekerjasama dengan pihak ketiga, sehingga kami targetkan awal Desember 2023 sudah selesai semua,” pungkas Samsir.

Adapun jumlah desa, yakni sebanyak 171 desa dan desa persiapan yang sudah diselesaikan tahun 2022 sebanyak 15 desa sehingga desa yang belum sebanyak 156 desa dan 5 Kelurahan total seluruhnya 161 Desa/Kelurahan.

Share :

Baca Juga

Advertoriall

Hasil Quick Count Pemilu 2024, Zairullah Azhar Bersyukur Pemenangnya Prabowo Gibran

Tanah Bumbu

Rakoor SKPD Tanah Bumbu Bahas Peningkatan PAD

Tanah Bumbu

Bupati lantik Kades Baroqah dan Wiritasi

Advertoriall

Masjid Ziyadatul Abrar Siring Pantai Pagatan, Bakal Diresmikan

Advertoriall

Pemkab Tanbu Peringati Isra Miraj di Pendopo Serambi Madinah

Advertorial

Paripurna Pembacaan Jawaban Bupati Terkait Pandangan Fraksi-fraksi Digelar

Serba-Serbi

Zairullah Azhar Resmikan Rumah Singgah A-Syifa

Advertoriall

Zairullah Azhar Berikan Bantuan Berupa Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas